Comments

Jumat, 12 Agustus 2011

Tarling (Taraweh Keliling) dan Hal-Hal Ajaib di IC Saat Ramadhan

Selamat Malam Dunia :) *kayak lagu gitu hhe

Kawan, malam ini agak beda dari malam-malam sebelumnya. Terutama solat tarawihnya :)
Yup, jadi hari ini gue bernostalgia lagi dengan masa-masa di MAN dulu hehe. Pasalnya, adik-adik kelas gue hari ini pada lagi kena jatah tarling atau tarawih keliling di tempat salah satu guru yang gak lain merupkan tetangga gue hha.

Jadilah selama solat isya tadi samp witir yang mengimami adik kelas gue , dan gue cukup kenal ama dia. Ya jelas,soalnya dia sekarang anak kelas 3, walau gak semua gue inget, tapi paling ngak, mukanya ingetlah hhe. Soalnya kan dulu pas mereka kelas 1 gue kelas 3, jd ya masih agak-agak ingetlah :)



Nah mengingat itu, membuat gue terkenang masa ramadhan di IC, dan baru gue sadari, betapa uniknya, dan gak ditemukan di manapun gue berada selain disana :) Apalagi, pas tadi gue ngetweet, temen gue berkomentar yang mengesankan jarang banget denger tentang taraweh keliling :D Wah gue jadi pengen ngerasain lagi ramadhan disana :)

Sobat, gue akan menceritakan hal-hal ajaib yang dilakukan anak IC disaat bulan ramadhan, ang gak biasa dilakukan di hari biasa :)

1. Bangun pagi, biasanya ada acara bangunin sahur *acara ini seru banget* nah ini biasanya dilakukan perkelas dan perangkatan, ngebangunin dengan menggunakan alat-alat kayak kentongan, ember, dan sebagainya, masuk-masuk asrama, sambil teriak-teriak haha. Terus biasanya yang cowok ada yang ngebangunin lewat mic di wakamad, biasanya sambil lawakan, ngoceh-ngoceh gak jelas, pokonya intinya membangunkan orang supaya sahur hehe, jadi sambil nemein sahur :)

2. Tadarus. Yap, selayaknya muslim di dunia pada umumnya, tadarus menjadi hal yang dilakukan terus menerus saat jam di luar akademis. Yang baca sih cowok, di mic mesjid dan bergiliran.

3. Baca Asmaul Husna tiap abis magrib, itu biasa, namun pas ramadhan juga dilakukan perkelas atau perangkatan, dan kadang lagunya ga pake yang biasanya dipakai :)

4. Taraweh! Nah kal traweh di masjid udah biasa, jadi di IC mengadakan Tarling atau taraweh keliling, nah taraweh keliling ini dulunya cuma cowok doank yang boleh, ya kelilingnya emang biasanya di komplek guru-guru IC sendiri. Nah belakangan, pas gue kelas 2 apa kelas 3 ya.. itu cewek-cewek juga pada mau ikutan tarling, so diadakan juga deh tarling cewek, dulu gue tarling ke rumah guru asuh gue di kawasan BSD, acaranya mulai dari bukber sampe selesai taraweh. Nah istimewanya kalo ada cowo yang tarling, itu imamnya, kultumnya, doanya, muazinnya,itu dari siswa IC sendiri, kayak layaknya di mesjid IC aja :)

5. Kultum sebelum maghrib! Ah hampir lupa nih hehe, ini dilakukan perkelas dan perangkatan juga, nah ini biasanya kita menyampaikan selayaknya kultm lah, biasa ayat, hadis, ataupun cerita berhikmah. Kalo hari biasa, biasanya yang melaksanakan anak imtaq doank hehe.

6. Ini nih yang ok juga :) LOMBA BIKIN TAKJIL! Haha, ini kadang terjadi kekacauan jikalau di kelasnya nggak ada yang jago masak haha. Biasanya yang dibikin ya yang manis-manis, tedisi dari makanan inti dan penutup. Ini klo udah ada yang jago masak, udah deh, selamat!!! haha

7. Dan serunya semua ini dilombain :D jadi di akhir nanti ada pengumuman pemenang kultum erbaik, asmaulhusna terbaik, bangunin sahur terbaik, dan sebagainya :)

Itu baru hal ajaib yang dilakukan secara BIASA hehe
Jadi ada yang nggak biasa? Oh, tentu donk :)

Jadi ada Buka Bareng Angkatan, yang emang ini sih masalah internal angkatan aja, mau buka bareng kelas juga boleh. Tapi intinya, biasanya tiap angkatan mengadakan buk ber angkatan ini :) Tentu aja ini sangat menyenangkan, kan jarang ada momen kumpul seangkatan cewek-cowok plus pembina asramanya *dulu bu dini dan abi ikhwan* hhe
 Dan pas kelas 3, momen ini bener-bener menyenangkan, apalagi tahun trakhir, pasti dinikmati banget, karena tahun depan gak akan merasakan suasana seperti ini lagi :(


Apa lagi ya??? Yah segitu dulu deh yang ingt dan bisa gue ceritain, mungkin gue agak lupa yang lainnya, tapi pastinya hal-hal ajaib ini, yakin deh, gak ditemukan dimanapun gue tinggal selain disana hehe*lebai ga ya??? :p*

Selamat Malam :)

0 komentar:

Posting Komentar

Viewers


Followers

Blogger Com

Indonesian Freebie Web and Graphic Designer Resources

Blogger Indonesia