Comments

Selasa, 10 April 2012

IMO: Anatomi (???)

Assalamualaikum :D
malam guuyysss :D


lalala yeyenum!
see! gue posting lagi malam ini haha. betapa beda dengan masa-masa awal blok yang tiap hari ngenet untuk cari bahan tutorial, sisanya malam adalah belajar untuk pretest :p

Sebenernya besok adalah hari yang kosong, tapi batal karena skill lab berubah jadi hari besok, padahal mestinya jumat -_-

Nah, berhubungan dengan judul yang gue bikin, apa coba maksudnya????? :D
yak, ini cuma sebuah postingan tentang anatomi dari kacamata seorang gue B)

Jadi, pertama, apa yang ada dalam pikiran anda ketika mendengar kata ANATOMI??? *emmm mikir

Anatomi, kalo kata mbak wiki adalah cabang dari biologi yang berhubungan dengan struktur dan organisasi dari makhluk hidup.

gue pribadi pertama kali ketemu sesungguh-sungguhnya ama anatomi adalah pas masuk fakultas kedokteran. Asli. bahkan dari ospek gue udah ketemu masbrooo...
awalnya adalah ketika ospek, ada sesi keliling lab, nah udah pastia ada yang namanya lab anatomi. dengernya aja udah ngeri gimana gitu ya.. apalagi pas masuk beneran...

pertama, gue deg-degan, terus mulai saatnya gue masuk berdua temen baru gue. tugasnya disuruh jawab pertanyaan yang jawabannya adalah diantara preparat yang disediakan. oke, kalo jaman SMA dulu, preparat mah palingan sesuatu yang ada di deck glass, tapi di lab anatomi, preparat adalah cadaver! cadaver yang sesungguhnya T.T
yang makin bikin suasana menegangkan, begitu masuk, gue disuruh salaman, sama tangan. iya. tangannya doang :).. :0... :(  dan itu sesuatu banget! terus berlanjut, tegangan tinggi llagi pas mesti megang 'preparat' yang itu beneran dari tubuh manusia T.T OMG banget... :'(
tapi, setelah ketakutan itu, kalo dibanding sekarang, lihat cadaver menjadi sebuah kebutuhan. butuh? iyalah. kalo gak pake cadaver, bakhan gue jadi gak ngerti tentang apa yang gue pelajari hehe.

kesan itu mulai terbiasa. sampai akhirnya di semester 1 gue dapet course anatomi. belajarnya masi gampang, cuma tentang tulang ko :) *ah itu pas di SMA juga pernah (itu pikiran picik gue awalnya, tapi pas menghadapi kenyataan, ternyata begitu pelik. peliiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiikkkkkkk banget) dulu, pas SMA, cuma ngapalin nama tulang aja. AJA. sekarang, bahkan cekungan kecil yang gak keraba kalo ga bener2 konsen ngerabanya aja ada namanya, dan itu harus apal -_-

pernah liat????

iya, itu SOBOTTA. Iya, itu dulu buku perpus yang fenomenal pas SMA. iya, itu gak pernah terpikir untuk dibeli. iya, gue sekarang PUNYA!!! * begitulah, dulu, sempet diomelin dosen gara2 gak punya altas sobotta, yang 2 jilid harganya 1,5jt :O buekekekek...
dan bayangkan, sekarang dibilang sobotta itu gak lengkap. JLEP! *piye perasaanmu???

***

Memasuki zona yang dinantikan.
keekstreman terjadi saat mulai menjalani praktikum anatomi.
diawali dengan asistensi yang selalu dimulai jam 5.30 WBA (waktu bagian anatomi), yang bahkan gerbang belakang uns belom buka.
dan pretesnya ini looohhhh T.T 2 tahap!
tahap 1 adalah saat pagi hari secara tertulis, tahap 2 disaat praktikum secara lisan.

dari taun2 sebelumnya, pretest anatomi emang menjadi kegalauan tersendiri. biasanya mahasiswa akan begadang dan berakhir gak tidur atau ke kampus tanpa mandi pagi, bisa juga malah telat karena ketiduran *maklum malemnya bagadang

praktikum anatomi pertama gue adalah blok muskuloskeletal. dari judulnya kita mesti apal tulang serta otot. bayangkan, sebanyak itu mesti apal. udah mana belom tentu apal, yang keluar malah saraf-sarafnya -_- piye perasaanmu??

kedua, respirasi. gak terlalu banyak bahannya. tapi teteup. susah -_-"

ketiga, neurologi. iya ini mah gausah ditanyalah ya. pasti sarap beneran soalnya 

keempat, kardiovaskular. ini sejatinya materinya gak terlalu banyak dan masih bisa dinalar. karena nama arteri dan vena itu namanya masih mengikuti letaknya. kalo saraf?? namanya aja gak ngerti asalnya dari mana  -_-

kelima, gastrointestinal. lumayan bikin pusing walau sebenernya asik. tapi, pretes kali ini emang gak tepat waktunya. bener2 pascasibuk*alasanmahasiswa*... dan rasanya pretes kelima ini, gak bisanya bagaikan lebih parah daripada gak bisanya  pretes pertama. karena saat prettes pertama, kalo gak tau jawabannya, masih bisa ngarang jawaban. tapi pas sekarang, entah deh, mo ngarang apa juga udah gaada ide -_-

dari seluruh pretes yang gue jalani 2 terakhir itu gue inhal. inhal? apaan tu? -> remed. ya. getir sekali


Selanjutnya, tipe pretes lisannya. dimana dalah 1 shift yang terdiri dari 5 kelompok, dipanggil masing2 kelompok 2 orang. yang mereka mesti jawab pertanyaan asisten, dan kalo gak bisa jawab, disuruh keluar untuk belajar lagi, dan kalo lebih dari 5 orang yang keluar berarti refrat shift. refrat itu semacam hukuman.
dan pengalaman gue, gue dipanggil 3 kali berturut-turut dan itu cuma bari sekali terakhir yang gue bisa jawab. pait. trims


***

udah ah, sumpah ini tulisan geje banget -_-
makasi blogger telah menjadi tong sampah gue :') terharu..

gudnite :)


Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar

Viewers

Followers

Blogger Com

Indonesian Freebie Web and Graphic Designer Resources

Blogger Indonesia