Comments

Kamis, 10 Maret 2011

Lagi lagi Bersama Pengmas :)

Kemarin 9 Maret 2011, Rabu


Lagi-lagi gue menjadi delegasi dari PSDM untuk ikut berpartisipasi di acara Dept. Pengabdian Masyarakat. Untuk kali ini, berkerjasama dengan rektorat UNS, mengadakan Donor darah dalam rangka Dies Natalis UNS yang ke 35 :)


Dan bener-bener ini pertama kalinya gue menghadiri acara Donor darah, dan kehadiran gue kemarin disana, adalah awal dari pengetahuan gue tentang donor darah, hehe. Nah awalnya atas mandat dari Mas Wildan selaku mentri Dept. PengMas, si Silvia temen MAN gue hehe, dia sms gue untuk menjadikan gue di tempat tukang panggil-panggil peserta (gak tau nama bagusnya apa). Nah gue sih oke2 aja, ini berhubung gue belum tau medannya.



Hari rabu pagi, gue udah berangkat dan sampai di rektorat jam setengah 8 lebih. Petugas PMI belum datang tapi beberapa peserta udah datang. Pada mulai ngantri dan terlihat sangat bersemangat! Ketika mulai pendaftaran, ada bapak2 pegawai FK yang semangaaat sekali,dia bukan urutan 1,tapi donornya mauny nomor 1! wew~ 
Dan ternyata pula,bapak2 itu punya kembaran haha, lucu banget deh liat orang kembar tapi udah tua (loh,kembar kan juga bakal menua :p )


Setelah itu mulai lah banyaaak sekali orang-orang yang mau mendonor. Pendaftar banyak dan gue mulai bingung harus mengatur bagaimana supaya mereka antri! Dan posisi jalannya donor urut! Dan itu sangaaat sulit! Yak! itulah bedanya menghadapi masyarakat desa atau kampung dengan menghadapi orang-orang kantoran. Apalagi, ini JAWA! dan gue gangerti bahasa jawa T.T jadi pas gue diomelin ama bapak-bapak, gue bener-bener gak ngerti harus menanggapi apa, karena gue sendiri gak ngerti bapak itu ngomong apa -_____-


Dengan bantuan teman-teman yang lain, akhirnya bapak-bapakpun bisa menurut dengan nomor antrian, juga berkat kerjasama dengan Bu Dokter yang berjaga :D
Semua terasa lancar, dan bapak-bapak yang marah-marahpun udah pergi karena udah selesai mendonor. Akhirnya kebanyakan di dalam ruang tunggu adalah mahasiswa. Dan tiba-tiba.... Ada yang hampir pingsan! Sedikit keributan dan keramaian, tapi gue gak boleh lepas kendali dalam memanggil no urut para calon pendonor. Jadi, gue tetep mencoba profesional (cieee :p )


Shift jaga gue adalah sampai jam 10. Setelah jam 10 akhirnya digantikan oleh mbak yang lain. Betapa kecewanya gue ternyata dari angkatan gue yang ikutan donor darah cuma dua orang :(( tapi sih akhirnya gak cuma dua, walaupun itu termasuk dikit, tapi alhamdulillah, calon dokter harus belajar mengabdi donk buat masyarakat :)

Nah apa aja yang gue dapat disana?
Dasar banget, gue jadi tau kalau ternyata untuk donor darah itu harus min. 45 kgBB. Terus, harus cek Hb dulu,ceknya dengan menggunakan Cu2SO4 yang warnanya biru-biru itu hehe. Nah caranya, Cu2SO4 dituangkan dalam gelas beker 40 mL. Darah yang diteteskan kesana,apabila tenggelam berarti dibawah 12,5,begitupula sebaliknya. Nah kalau Hb nya lebih dari 12,5 (gak perlu tau pastinya) berarti dia lolos boleh ikut donor darah. Jangka waktu dari donor sebelumnya harus udah lebih dari 3 bulan, gak lagi/ abis mengonsumsi obat/ vaksin dalam jangka waktu tertentu, dan buat cewek dia gak boleh pas lagi mens atauabis mens harus udah lebih dari seminggu yang lalu.
 Buat pendonor, mereka punya kartu catatan donor darahnya, warna disesuaikan dengan golongan darahnya. Ternyata dari PMI sendir memang ada bonus tertentu, misal: kalo udah 5 kali donor, nanti dapat asuransi hehe. Katanya kalu udah sampe 100 kali,bisa ketemu presiden!! :O


Sekarang pertanyaannya.. Apakah gue ikutan mendonor? hahahha.. Kagak lah :p berat badan gue tidak mencukupi rupaya -__-Entah kapan gue bisanya yang penting suatu saat nanti gue juga mau :D


Sebenarnya, siang hari itu angkatan gue mau ujian. Dan beneran, ujiannya sungguh gak terduga..dapet soal dari tahun lalu, susaah banget, baca slide dosen pakenya bahasa inggris haha. mantep kan -__-
Teringat sms dari Silvia saat mengabari tugas kami di Donor darah kali ini, agak lupa sih kalimatnya gimana hehe. Tapi intinya, saat kita membantu orang lain, insyaAllah kita akan diberi kemudahan dalam urusan kita juga oleh Allah :) Dan Subhanallah. Allah memang Maha Kuasa, karena ternyata soal ujiannya persis sama tahun lalu dan di diskon 10 soal hehe :D
Dan alhamdulillah,kata mbak asisten, gue ga remed :)


Sungguh Maha Kuasa Allah, dan betapa indahnya saat kita bisa mengambil hikmah dari semua kejadian di sekitar kita :) Indahnya berbagi :)


Keep Shinny :D

Read More……

0 komentar:

Posting Komentar

Viewers


Followers

Blogger Com

Indonesian Freebie Web and Graphic Designer Resources

Blogger Indonesia