Comments

Minggu, 04 Desember 2011

Unforgettable (share about Fibroadenoma Mammae)

Assalamualaikuuuummmm :D

Wah wah apa kabar blog ku tersayang ini? hhi
lama ditinggal, lama tak jumpa :p
apa kabar pembaca setiaku? *berasa ada yg baca blog gue* hha

Ok guys, gue udah lama menantikan saat ini :D saat gue mulai menulis kembali dan juga, gue mau share dan menceritakan apa yang terjadi pada diri gue selama berbulan-bulan lalu ~

Kisah ini (halah) dimulai saat gue pulang dari liburan lebaran idul fitri, nah saat itu kebetulan gue memasuki blok neoplasma alias dunia per-tumor-an. Ya jujur aja, gue dan temen-temen gue suka merasa parno sendiri tiap memasuki blok baru dalam perkuliahan gue, tiap masuk blok suatu penyakit, pasti jadi panik sendiri, dan muncul pemikiran "aduh gue gitu ga ya.." dan sebagainya....

Tapi kejadian yang menimpa gue ga sekedar parno belaka! *jeng jeeenggg*
Jadi saat mempelajari neoplasma, gue mengerti bahwa fibroadenoma mammae (fam) atau tumor jinak di payudara memang merupakan tumor yang paliiiing sering terjadi pada perempuan. Dan karena tumor ini memang ga kerasa sakit, jadi emang harus kita sendiri yang melakukan SADARI untuk tau ada kelainan ga di tubuh kita. Dan itulah yang gue lakukan, sebenarnya, sejak SMA. Dan sebenernya gue merasakan ada benjolan, gak cuma 1, tapi 3...

Dan gue mulai merasa panik sendiri setelah gue menyadari, jangan-jangan gue beneran ada tumornya. Tapi gue yang sebenernya tau kalo itu cuma tumor jinak, gue tetep panik sepanik-paniknya. Dan yang konyol *haha* dan mungkin Allah memang mau tumor itu diangkat, pas lagi belajar tentang pemeriksaan payudara, gue merasa sakiiiiit luar biasa, sesakit-sakitnya. Dan dengan proses yang cukup lama, gue pun memutuskan ke dokter. Tapi nampakya Allah bener-bener pengen gue langsung ke rumah sakit, karena saat itu gada dokter yang buka praktek -_- jadi gue langsung ke muwardi :D

Malam itu gue dikasih analgesik dan disuntik iv, nyeri gue menghilang sedikit-sedikit. Besoknya gue langsung ke rumah sakit lagi, ke poli bedah, dan gue di usg pas hari selasa. Dan bener aja, ada 3 lokasi tumor. Sejujurnya, gue nangis-senangis-nangisnya... dan yang membuat gue merasa harus bangkit lagi adalah saat orang tua gue bilang "gapapa, namanya juga sakit, ya diobati aja"
ya, gue kan bukannya gapernah sakit, hanya aja saat ini sakitnya agak lebih "elit" haha
Apa yang ada dipikiran gue saat itu? Dari sekian banyak orang yang terkena fam, kenapa gue juga harus termasuk salah satunya T.T

Ya wala gue gatau, tapi gue yakin, ayah bunda gue juga pasti panik parah, tapi mereka kan juga harus menenangkan gue. Nah gue pun bisa lumayan tenang karena temen gue sendiri pernah mengalami hal yang sama dan udah dioperasi. Temen-temen ayah gue pun ternyata ada yang pernah dan udah dioperasi. Ya gue udah tau tatalaksananya sih secara teori, emang ini tumor bakal diangkat, lumpectomy. Tapi ternyata yang dipikiran ayah gue, gue bakal di mastektomy hhe.

Nah akhirnya ayah gue memutuskan gue mencoba untuk minum obat herbal, selama beberapa bulan gue minum, gue merasa lelah, maksudnya gue gatau apakah si obat beneran berhasil ngilangin tumornya, dan gue harus minum itu 3x sehari yang bahkan obatnya direbus-rebus, dan kegiatan gue di kampus seabreg2, yang bahkan makanpun bisa kelewat -_- Sampai akhirnya gue memutuskan untuk dioperasi aja!

Dan gue memutuskan tanggal 21 November 2011 kemarin untuk lumpectomy. Nah gue emang ga mengekspose kisah gue ini ke temen-temen gue. Dan perjuangan gue untuk operasi ga gampang men haha

Sabtu gue kesana, karena takut kalo minggu gabisa daftar untuk operasi. Saat itu ortu gue belom dateng, mereka baru perjalanan ke solo. Dan ternyata gue ga dapet kamar karena askes gue membuat gue ditempati di melati kelas 1. Dan akhirnya gue dimasukin ke IGD supaya didahulukan kalo ada kamar yang kosong. Gue dengan bete-nya nunggu ampe sore,dan sendirian, karena sebenernya hari iu ada LPJ BEM, adi pada sibuk. Sampe akhirnya gue dapat kamar, gue malah ga boleh balik ke kosan! OMG

Bayangkan gue kesana cuma bawa diri ama tas kecil isi berkas-berkas rumah sakit doank booo, dan gue males banget harus nginep disana sendirian >,< Jadi gue minta dijemput temen gue haha, malampun gue kabur... Dan gue bisa ngerjain tugas dengan tenang di kosan. Dan tiba-tiba... GUE DITELPON ama perawat disana zzzzzz

Dengan terburu-buru gue segera berangkat kesana sambil bawa tas gede. Dan pas nyampe sana dengan gondoknya gue cuma ditanya2 dikit trus pergi dokternya zzzzz. Masalahnya, si dokter anestesi ini nanyain gue yang bikin gue panik!
"ada riwayat asma ga?|"engga"|"jadi besok kamu di bius total, nah ada resiko-resiko tertentu seperti jantung, paru, atau kematian, tapi sangat jarang terjadi"
WHAT? kematian????? Gimana ga panik deh gue -_-a

Jadi, setelah si dokter pergi, gue kabur lagi, dan itu udah mau jam 12 malem cobaaa
Dan atas saran cowok gue, akhirnya gue meeting hape gue, supaya kalo di telpon ama si perawat gue ga denger hha, jadi bisa tidur tenang -_- walaupun akhirnya tetep ga tenang, kepikiran ama omongan si dokter anestesi, dan gue memikirkan alasan yang bagus kalo si perawat nelpon gue pagi2.

Dan bener aja, pas ortu gue dateng, si perawat nelpon lagi, tapi gue udah nyiapin jawaban paling oke
"Ini bu, saya lagi jemput orang tua saya di depan, tas nya emang saya bawa karena gada yang jagain" hahaha *jago ngeles*

Malemnya, mba mentri bem gue dateng, nah ini dia sebenernya kenapa gue gamau mengekspose gue lagi di rs, takut ada yang jenguk gue dan gue lagi ngenet di kasur :p haha,
malam itu gue mulai disuruh puasa dan membersihkan saluran cerna, sungguh, gue deg2an bangeeetttt >,<
Dan untuk menenangkan hati gue, gue browsing tentang pengalaman orang yg juga oprasi fam spt gue. Mereka semua baik-baik aja hingga sekarang, jadi gue harus semangat! *walau tetep takuttt... dan mereka dioprasi sekitar setengah jam..

Besoknya, gue dujadwal operasi jam 9 pagi, pagi-pagi gue mulai di infus, dan itu pertama kalinya gue diinfus, pertama kalinya gue nginep di rs >,< jam 8 kurang kasur gue mulai dibawa ke tempat operasi, gue pindah kasur 2x dan saat di ruang operasi gue sangaaaaaaaaaaaaaaaat deg-degan, dan gue berdoa itulah trakhir kalinya gue dioprasi2 segala -_-
gue berdoa mulu sepanjang waktu, dan dokter dibelakang gue udah bilang " siap ya dek, mulai ya dek" gue makin deg-degan, dan gue gatau kapan gue dibius, dan apakah gue disuntik atau diapain gue gangerti,,, sungguuuuhhhh mencekam!

---------

Tiba-tiba gue terbangun! *loh kapan gue mulai ga sadar?
entah kapan gue mulai ga sadarkan diri, yang jelas, ternyata biusnya ga disuntik! tapi ditutup idungnya, kaya di sinetron deh -_- haha
dan saat itu gue merasaaaa...... SAKIT bangeet T.T asli deh, pas biusnya dicopot rasanya sakit banget, yah bayangin aje, kebeset piso aja sakit, apalagi badan lo disayat-sayat kan...

Guepun kembali dan baru dibolehkan makan setelah gue kentut~
makan! gue sangat lapar! dan senengn bgt saat itu ayah gue nyuapin gue~ *so sweet hha
jadilah gue makan sambil nahan sakit. ternyata gue diporasi selama 1,5 jam dan itu sesuai dengan pengalaman orang2, 1 tumor=setengah jam, jadi gue 3 tumor=1,5 jam hmmm

Gue pengen banget pulang hari itu juga, tapi dokternya cuma nengokin gue bentar banget, trus pulang ga balik-balik lagi -_- sore temen gue jenguk gue dan ampe bolos kuliah haha
besoknya, gue udah boleh pulang :D \(^o^)/

Dan betapa sweet temen-temen gue dari gue dateng di kos, ampe malem, berdatangan gantian sampe kamar gue penuh banget >,< gue sayang temen2 gueee, makasi banyak udah memberi gue semangat :))

Dan akhirnya inilah gue sekarang, tinggal penyembuhan luka aja, karena jaitannya juga yang masuk kulit, dan juga untuk makanan, gue sangat dibolehkan makan apa aja, gada pantangan! hha *hedon. Jadi untuk penyembuhan luka emang harus banyak makan bergizi :)

Jadi, selama gue belom oprasi gue memutuskan untuk vakum ngeblog *entah kenapa*
dan gue pun ngeblog kembali dengan share apa ang gue alami
hikmahnya banyak banget dari semua ini :)
Allah pengen gue juga ngerasain apa rasanya jadi pasien,bangaimana seharusnya memperlakukan pasien dgn baik nampaknya emang harus jadi pasien dulu. Dan gue harus lebih menjaga kesehatan gue. Dan gue pengen share ke para perempuan, jangan takut untuk periksakan dirimu kalo merasa ada 'sesuatu'. lebih awal lebih baik daripada nantinya makin parah kan ;)

Setelah semua yang gue alami, gue lebih merasa mantap untuk menjadi dokter. Jadi gue harus lebih semangat lagi :)

"Gaada yang sesuatupun yang percuma kalo datengnya dari Allah" lihat sisi baik dari setiap yang kita alami :D

semoga kedepannya gue sehat selalu amiiin :)
Makasi ya untuk yang tetep mengunjungi blog ini hehe
sampai jumpa di posting berikutnya :D

Reaksi:

5 komentar:

Menarik... Kunjungi juga ya blog ane dan jangan lupa follow + tinggalkan komentar !
Salam sukses blogger :D

salam kenal ^^
saya suka spongebob

makasi ya, aku baru aja operasi makin semangat abis baca blog kamu :D

Angkt 2010? Ak angkt 08 �� mau nanya fai..post op bbrp thn ini apa muncul fam lg atau tdk?

Posting Komentar

Viewers

Followers

Blogger Com

Indonesian Freebie Web and Graphic Designer Resources

Blogger Indonesia