Comments

Jumat, 02 September 2011

Surak : Sebuah Budaya

Assalamualaikum kawaan :D

lama sekali rasanya gue gak blogging, rindu sekali menulis hehe. untuk bahan tulisan gue kali ini memang mengambil budaya dari tanah kelahiran orang tua gue : cirebon :D hehe

Nah bagi anda yang orag cirebon mungkin tau ya budaya ini,  yang pastinya tidak asing dengan foto2di bawah ini..




Apa yang sesungguhnya terjadi??????
MEREKA MEMUNGUTI UANG!!!!
kenapa????

Itulah yang terjadi--> SURAK!
 Surak, dalam dunia kecirebonan dilakukan untuk syukuran, walau rada aneh gitu caranya, yaitu dengan 'membuang', emmm mungkin alusnya membagi2kan uang ke tetangga, atau siapapun yang hadir deh. Tidak ada batasan umur maupun jenis kelamin, mereka berjuang untuk mengumpulkan uang yang di sawerkan begitu aja ckckck

Surak , gue terpikir melakukan penulisan ini karena saat gue mudik, sepupu gue mengadakan surak dalam rangka sudah gak ngompol lagi!
Oh my God! Jadi begitulah budaya, walau terkesan buang uang, tapi karena seneng anaknya udah gak ngompol,sampe2 diadakan surak haha

Nah ini foto adik sepupu gue yang sedang surak :)



Nah itu dia kilasan gambaran tentang surak, terkadang surak memang butuh keahlian mencari duit di tanah, ketelitian, kesabaran, serta keberuntungan haha :D
Sepupu gue yang sangat bernapsu ikut ambil jatah surak, udah nunggu di depan dan ngincer duit2 berpecahan besar (biasanya banyaknya yang uang logam)

So, mau ikut ngumpulin uang dari surak? lumayan kan buat nambahin uang ongkos jalan2 :D Datangla anda ke desa-desa di cirebon :)




Ngantuk banget
Gudnite all :*

1 komentar:

informasi yg menarik tks.....

Posting Komentar

Viewers


Followers

Blogger Com

Indonesian Freebie Web and Graphic Designer Resources

Blogger Indonesia